Main Menu

Mari Belajar Tips Trik Psikotes Wartegg


tes wartegg adalah salah satu psikotes untuk mngeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol, dan fakta realitas yang dimiliki oleh setiap orang dengan intensitas dan interelasi yang berbeda. Berikut saya akan jelaskan maksud disetiap kotak yang ada dalam tes wartegg (Menurut psikolog)



kotak I
berupa titik kecil dan terletak di tengah-tengah kotak. Bentuk tes ini bertujuan untuk menggali hal-hal yang berhubungan dengan penyesuaian diri, yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dalam lingkungan

kotak II
berupa garis lengkung dan sedikit bergelombang yang menyiratkan objek hidup, selalu bergerak, atau tumbuh dinamis. Bertujuan untuk menggali daya fleksibilitas perasaan seseorang

kotak III
berupa tiga buah garis vertikal yang menaik semakin meninggi dengan memberi kesan kaku dan keras tetapi teratur dan ingin maju. Bentuk tes ini bertujuan untuk menggali hasrat (ambisi) untuk maju, inteligensi, teoritis, dan kestabilan.

kotak IV
berupa segi empat hitam terletak dipojok kanan atas yang memberikan kesan tidak menarik, diam dan statis, seolah olah tertekan atau depresif. bertujuan untuk menggali kemampuan seseorang dalam mengatasi kesulitan.

kotak V
berupa garis dua buah diagonal yang berhadapan, Simbol yang terkesan teknis dan konstruktif, gagasan yang kuat tentang konflik dan dinamika. Bertujuan untuk mengukur bagaiman cara bertindak seseorang.

kotak VI
berupa garis horizontal dan vertikal, simbol ini berkesan tidak menarik dan pasif, sehingga hanya cocok untuk gambar teknis. Bertujuan untuk mengukur cara berpikir (analisis dan sintesis) seseorang

kotak VII
berupa titik-titik membentuk setengah lingkaran, simbol yang terkesan harus ditangani oleh perasaan. Bentuk ini bertujuan untuk menggali hal-hal yang menyangkut kehidupan relasi (sosial pertemanan) dan perasaan (apakah stabil atau masih kekanak-kanakan)

kotak VIII
berupa garis melengkung besar dan tebal. simbol ini terkesan melingkupi, menutupi, tempat berteduh, atau memayungi. bertujuan untuk menggali hal-hal mengenai kehidupan/ hubungan sosial.

SARAN
Sebaiknya anda buang semua contoh yang anda dapatkan di google karena contoh tersebut adalah gambaran perilaku menurut orang lain bukan diri anda sendiri mengenai urutan menggambar itu terserah diri anda ada yang bilang apabila anda memulai menggambar dari kotak ke VI anda dikatakan mendapatkan kelainan seksusal akut. yang terpenting adalah jadilah diri anda sendiri dan gunakan imajinasi anda jangan terlalu acak dalam menggambarnya!

TERIMA KASIH SEMOGA SUKSES!

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda!

@oneocktata. Diberdayakan oleh Blogger.