Main Menu

Management Development Program Bank Bukopin 2016


Perlu diketahui bahwa saya menulis ini sedang atau baru saja mengalami tahapan Interview dengan KaDiv, dan ini adalah pertama kali nya saya mendaftar sebagai MDP Bukopin di akhir tahun 2016. Saya hanya iseng-iseng saja di job fair yang diselenggarakan oleh Vokasi UGM 2016 dan saya memasukannya di lowongan MDP Bukopin ini.


Benefit (menurut presentasi dari pihak HR)
-MDP memiliki kontrak dengan perusahaan selama 5 tahun ikatan dinas dengan ijasah sebagai jaminan,
-Selama ikatan dinas diwajibkan kandidat cewek untuk tidak menikah selama 1 tahun sedangkan kandidat cowok sepertinya bebas,
-Pinalti Rp. 300.000.000,- apabila mengundurkan diri sebelum jatuh tempo ikatan dinas. Pinalti dibayar hanya 60% apabila mengundurkan setelah 3 tahun pertama
-Dalam presentasinya Gaji Pokok seorang MDP Berkisar Rp. 3.750.000,- Belum termasuk tunjangan asrama selama pendidikan 1 tahun pertama, kemudian bonus akhir tahun (Bonus ini diberikan apabila neraca keuangan perusahaan sedang bagus), Uang Pulsa, Cuti, Insentif, dan Tunjangan jabatan
-Dari banyaknya review berbagai situs pengalaman MDP dan Kaskuser saya juga percaya bahwa anda akan dijamin kemakmurannya.
-Setiap tahapan dijelaskan secara detail.

Wawancara Awal
-Pertama setelah lolos administrasi anda akan dipanggil via telp pusat kemudian disuruh isi form, setelah itu sebelum melakukan psikotes bergambar nanti anda bergiliran akan memperkenalkan diri dihadapan HR perusahaan selama 5 menit satu per satu.

Psikotes Bergambar
-Psikotes ini terdiri Wartegg dan Draw a Person & Tree dilakukan setelah wawancara awal dihari yang sama. Kemudian ada sistem eliminasi dalam tahapan ini.

Psikotes Lanjutan
-Setelah pengumuman kelolosan, Alhamdulillah saya lolos kemudian dilanjutkan psikotes berupa Tes Koran, kemudia PApi Kostick, dan Discx. Tahapan ini masih dihari yang sama dengan wawancara awal

FGD dan Interview HR
- FGD ada sekitar 9-10 orang tiap kelompoknya, mempermasalahkan atau mendiskusikan tentang bagaiman kelompok kalian menjual sebuah barang secara analisis SWOT. Saran saya anda harus menjadi diri anda kemudian proaktif , tidak menjatuhkan pendapat oranglain bila perlu memuji ide teman yang lain kemudian dipresentasikan secara kelompok di depan kelompok lain. Setelah itu disusul dengan Interview HR, pertanyaan yang diajukan kala itu biasanya mengenai kehidupan semasa kuliah, saran saya buat suatu peristiwa dimana ada fase perkenalan masalah itu, puncak dari masalah itu, dan solusi dari masalah itu sendiri. setelah itu dilanjutkan psikotes lagi tahapan dari wawancara awal hingga interview HR ini memakan sehari full. Jadi, siapkan diri anda semaksimal mungkin secara fisik maupun psikis.

Presentasi & Interview KaDiv (Kepala Divisi)
-Seminggu setelah pengumuman lolosnya Interview HR kemudian ada presentasi mengenai achievement (Prestasi) tersebar selama hidup anda yang dibuat ppt dengan analisis SWOT, kemudian dilanjutkan interview dengan KaDiv 2 orang. Pertanyaan seputar presentasi anda kemudian tentang seluk beluk Bukopin. Saya sarankan anda mempelajari apa itu bukopin segala hal tentang bukopin yang ada di website resminya dan jujur menjadi yang terbaik bagi anda sendiri.

Tes Toefl
-

Interview User
-

Kesimpulan
perusahaan ini sangat layak untuk dijadikan tujuan masa depan, karena lingkungan yang humble walaupun tahapan yang sangat panjang(Dalam presentasi disebutkan bahwa ada sekitar 11 tahapan) tersebut harus anda lalui, seperti kata pepatah ada rupa ada harga; apabila anda berkualitas maka anda akan mendapatkan pekerjaan yang berkualitas juga. dan semoga tulisan saya ini membantu! Good Luck Mates!

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda!

@oneocktata. Diberdayakan oleh Blogger.